by

4 Cara Efektif Membuat Puisi

Mudah kok membuat puisi.  Asal tahu rumusnya.  4 cara efektif membuat puisi yang akan saya sampaikan memberi kita pengertian bahwa puisi yang baik itu minimal memiliki empat syarat ini.  Tema yang jelas, perasaan puisi yang melibatkan indrawi, tone (nada) dalam hal ini adalah sikap si penyair sendiri, terakhir adalah intention yang berarti tujuan.

Tujuan akan mendorong penyair memilih diksi, meletakkan rasa, dan sikap yang tepat.  Misalnya, puisi yang bertujuan untuk menggerakkan anak-anak supaya rajin belajar.  Penyair perlu mempertimbangkan untuk memilih kata sederhana alih-alih mendayu-dayu tapi tema tidak kena apalagi makna.  Sedang memahami saja, sulit rasanya.

Begitu pula puisi-puisi bertema cinta.  Cinta tak selalu harus diungkapkan dengan gaya bahasa berlebihan.  Kembali lagi pada prinsip puisi yang menggunakan kata padat namun berisi.  Boleh saja dengan kalimat sederhana, tapi tone-nya terasa.  Metafora kadang perlu, kiasan juga menjadikan puisi terasa manis.  Namun begitu, jangan sampai ada kesan memaksakan kata-kata.  Bukannya pesan tersampaikan, malam pembaca bingung dibuatnya.

4 Cara Efektif Membuat Puisi

Berikut bukan cara mutlak.  Setiap penyair punya gaya dan cara masing-masing.  Namun saya rasa, ini efektif untuk pemula.

  1.  Menentukan Tema untuk membuat puisi tetap berada pada jalur yang sudah ditentukan.  Misal tema perjuangan, tema keluarga, persahabatan, dan masih banyak lagi lainnya.
  2.  Merenung.  Membuat puisi tak jauh beda dengan membuat cerita pendek.  Perenungan ini perlu untuk menentukan sudut pandang, memberikan perasaan yang tepat, menetukan nada puisi dan memilih kata yang tepat.  Ada yang tak melewati proses ini karena begitu melihat peristiwa yang menggelitik, penyair otomatis melahirkan kata-kata yang mewakili kegelisahan dan perasaaanya.  Ada yang merenung lama, puisi tak jadi-jadi juga, hehehehe.
  3. Berikan rasa dan nada pada puisi.  Pilihan kata yang tepat memberi rasa yang tepat pula.
  4. Tentukan tujuan dibuatnya puisi.

 

Contoh Puisi-puisi Pendek

 

Berikut saya tuliskan contoh puisi-puisi pendek

Kawan

Perkawanan

adalah jalan

merawat

perkawinan

 

Hujan

 

Wanita itu sendirian

dengan senyum pura-pura

dibungkusnya jiwanya yang menangis

oh hai, hujan yang riang

temani ia dalam perjalanan

 

Nyalakan

 

Nyalakan tawa

pada gelapku yang nyata

Nyalakan kata

pada bisuku yang menggema

 

Mati tak Berarti

 

Kau junjung tinggi-tinggi

lalu jatuhkanku ke lubang tahi

Mereka yang kau nyinyiri membuatku mati

tapi kau, bikinku tak berarti

 

baca juga: puisi bertema ibu 

 

Penutup

Empat cara efektif membuat puisi di atas boleh dicoba.  Namun pada intinya, puisi yang baik adalah puisi yang lahir dari hati.  Sesuatu yang ada dalam ruang hakikat puisi.  Bukan sekadar kata-kata indah namun susah dipahami.

Comment