Apa yang Dimaksud Teks Eksplanasi? Ini Pengertian, Ciri-ciri & Strukturnya

Berikut Ciri-ciri teks eksplanasi yang bisa kamu pahami dan kamu praktekkan untuk menyusun tulisan

Teks eksplanasi adalah sebuah proses mengenai terjadinya bencana atau sebuah kejadian. Sehingga teks ini bisa disebut proses “sebab akibat.”

Lalu bagaimana pengetian secara spesifik? apakah benar, teks itu adalah proses sebab akibat?

Di Indonesia, pelajaran mengenai teks eksplanasi biasanya ada di SMP dan SMA.

Di zaman digital, akses informasi semakin mudah. Pernahkah Anda membaca sebuah berita tentang bencana alam, kecelakaan dan semisalnya?

Jika pernah, tentu Anda pernah bertanya, “Bagaimana terjadi?” selain itu, secara subjektif kadang kita bertanya, “Mengapa hal itu terjadi?”

Pengertian Teks Eksplanasi

 

Secara mudah, teks ekplanasi adalah proses terjadinya sebuah bencana alam, sosial, budaya dan semisalnya. Sehingga teks eksplanasi bukan “Sebab akibat.”

Namun lebh tepat disebut kronologi. Karena menerangkan terjadinya sebuah kejadian.

Para ahli berbeda pendapat tentang pengertiannya. Beberapa pendapat yang kami maksud adalah sebagai berikut,

1. Barwick (2007:50)

Pengertian teks eksplanasi yang pertama dari Barwick. Dia menjelaskan bahwa teks eksplanasi adalah teks yang menjelaskan proses dan alasan sesuatu di dunia bisa terjadi.

2. Kosasih (2014:178)

Selanjutnya, pengertian teks eksplanasi dari Kosasih yang menyebut bahwa teks eksplanasi bisa dikaitkan dengan genre teks. Pengertian teks eksplanasi adalah satu teks yang menjelaskan tentang suatu proses atau peristiwa mengenai asal-usul, proses, atau perkembangan suatu fenomena atau mungkin berupa peristiwa alam, sosial, atau budaya.

3. Restuti (2013:85)

Dari penuturan Restuti bahwa teks eksplanasi memiliki makna sebagai sebuah teks yang menerangkan atau menjelaskan mengenai proses atau fenomena alam maupun sosial.

4. Anderson & Anderson (2000:80)

Menurut Anderson & Anderson, teks eksplanasi merupakan teks yang memiliki tujuan untuk menjelaskan fenomena yang terjadi di dunia.

Ciri-ciri Teks Eksplanasi

Dalam penulisan teks eksplanasi ada beberapa hal yang harus dicermati. Berikut penjelasannya yang dikutip dari situs penerbitdeepublish.com:

1. Ada Beberapa Paragraf dalam Satu Tulisan Teks eksplanasi tidak hanya terdiri dari satu atau dua kalimat saja, tetapi terdiri dari beberapa paragraf untuk menjelaskan sebuah fakta yang ingin disampaikan.

2. Ada Topik dalam Setiap Paragraf Di setiap paragrafnya ada sebuah topik atau ide pokok pikiran yang mendukung fakta-fakta antar-paragraf.

3. Kalimat dalam Setiap Paragraf Merupakan Fakta Bukan hanya sebuah tulisan yang berisi opini saja, paragraf yang ditulis itu berisi sebuah fakta-fakta yang bersumber dari sebuah data atau penelitian.

4. Memiliki Informasi yang Aktual Informasi yang dimuat di teks eksplanasi merupakan informasi faktual atau berdasarkan fakta yang terjadi.

5. Mengandung Sifat Keilmuan Hal yang dibahas di dalam teks eksplanasi bersifat keilmuan. Atau hal yang ada di dalam teks eksplanasi merupakan suatu informasi yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan.

6. Memiliki Struktur yang Baku Fakta yang dirangkai di dalam teks eksplanasi dirangkai dengan pola kronologis atau berdasarkan urutan waktu atau secara kausalitas atau sebab akibat.

Struktur Teks Ekspalanasi

Syarat untuk membuat teks eksplanasi juga beragam. Salah satunya harus sudah memiliki struktur teks yang jelas sesuai dengan kaidah teks eksplanasi. Berikut penjelasan mengenai struktur eksplanasi:

1. Pernyataan Umum Dalam teks eksplanasi ada kewajiban untuk memuat pernyataan umum. Pernyataan umum dalam sebuah teks eksplanasi memiliki makna tentang gambaran umum fenomena atau peristiwa alam yang akan dibahas. Biasanya bisa mengangkat poin mengenai proses bagaimana fenomena atau peristiwa alam bisa terjadi.

2. Garis Urutan Sebab dan Akibat Struktur teks eksplanasi yang baik juga memiliki alur urutan sebab akibat. Karena di saat membahas fenomena harus disusun berdasarkan penyebab dan akibat yang ditimbulkan dari fenomena tersebut. Penulis bisa melakukan deskripsi dalam beberapa paragraf terkait sebab dan akibatnya.

3. Interpretasi Pada setiap teks eksplanasi, dibutuhkan pemaknaan atau interpretasi. Interpretasi dalam teks eksplanasi merupakan penarikan kesimpulan. Kemudian penulis bisa memberi tanggapan atau pernyataan terkait fenomena yang telah disusun tersebut.

Demikian informasi mengenai Apa yang Dimaksud Teks Eksplanasi. Semoga informasi ringkas ini bermanfaat untuk kita semua.

Comment