Cara Riset Keyword Artikel bagi Pemula

Jurnal Bebas162 Views

Penting mengetahui cara riset keyword artikel bagi pemula sebelum membuat konten website.  Agar visitor meningkat tentu saja.  Selain itu, kita tahu bahwa mesin pencari berisi website yang jumlahnya tak terbatas.  Dan mesin pencari ini bekerja berdasarkan query dan algoritma. Jika kita tahu keyword/kata kunci yang sering dicari orang, kita bisa membidik artikel yang berkualitas.

Akan kita bahas secara lebih lengkap cara menentukan keyword.  Namun sebelumnya, perlu kita pahami beberapa pengertian dasar mengenai riset keyword.

Apa itu riset keyword?

Riset keyword merupakan strategi optimasi mesin pencari website.  Yaitu sebuah proses menentukan kata kunci yang tepat untuk artikel di website agar website kita muncul ketika seseorang mencari sesuatu di internet.

Kalau begitu, keyword adalah:

  1. Kata kunci yang ada dalam sebuah artikel;
  2. Kata kunci yang dicari oleh orang dalam periode tertentu, biasanya satu bulan;
  3. Ada kata kunci popular dan non popular.

Jika kata kunci yang kita gunakan tepat, artikel kita bakal dibaca banyak orang.  Minimal dikunjungi.  Memang, ada beberapa kemungkinan mengenai kata kunci di mesin pencari, yaitu:

  • High search low competition

Artinya, pencarian kata kunci tingg tapi kompetitor sedikit.  Ini sering kita jumpai pada jenis artikel tentang pelajaran sekolah;

 

  • High secarch medium competition

Artinya, pencarian tinggi, competitor sedang.  Biasanya artikel-artikel yang berisi tutorial masuk kategori ini;

 

  • Keyword musiman/abadi;

Keyword musiman ini sering dicari pada saat tertentu.  Misalnya berita tentang artis meninggal dunia, pilpres, atau berita-berita lainnya.  Ada juga keyword abadi, tidak basi, tapi jarang dicari orang.

Untuk meningkatkan trafik website, kita akan fokus pada jenis yang pertama yaitu high search, low competition.

Cara Riset Keyword

Terdapat dua model riset keyword yang terangkum sebagai berikut:

  1. Menggunakan tren Media Sosial

Caranya mengamati hal apa saja yang tengah jadi trending topik di media social.  Nah itulah artikel jenis itulah yang bakal banyak dicari orang.  Kita bisa lihat di twitter, facebook, atau video rekomendasi di home page youtube.

 

  1. Menggunakan Tool

Ada beberapa tool yang biasa digunakan.   Berikut daftar tools riset keyword yang menyediakan versi berbayar dan gratis.

  • Google Keyword Planner
  • Ubersuggest
  • com
  • MOZ dan masih banyak lainnya

Penutup

Mulai sekarang, tentukan target konten dan carilah keyword yang tepat.  Tingkatkan volume pencarian dengan menggunakan kata kunci yang tidak sulit, tidak terlalu panjang.

Comment