Plot Twist Bikin Cerita Mengejutkan

Cerpen307 Views

Cerita yang mudah ditebak, bikin kita malas melanjutkan membaca.  Teknik plot twist bikin cerita mengejutkan.  Pembaca menduga bakal terjadi peristiwa X, ternyata yang terjadi adalah Y.  Sesuatu yang terjadi di luar perhitungan itu ternyata menyenangkan.

Pada dasarnya, plot twist sengaja memelintir cerita untuk memberi efek kejut pada pembaca.  Dibutuhkan pemahaman dan teknik tertentu.  Tidak asal mengejutkan, tapi tetap pakai logika.

Apa itu Plot Twist?

Sesuai asal katanya, Plot Twist adalah gabungan dari kata Plot yang artinya alur cerita, dan twist yang artinya memelintir atau berputar.  Secara istilah, plot twist maksudnya adalah alur cerita atau plot yang sengaja dipelintir agar cerita semakin menarik.

Untuk membuat plot twist, penulis harus merencanakan secara matang.  Jangan sampai kita sudah memelintir plot, bukannya semakin baik malah cerita jadi tidak logis.  Perlu juga memahami bedanya alur dan plot.   Alur adalah cerita runtut, tanpa hubungan sebab akibat.  Namun, jika ada benang merah antara satu peristiwa dengan peristiwa lainnya dalam cerita itu baru dinamakan plot.

Sebagai gambaran, saya berikan dua kalimat berikut:

  1. Tangan Rani membawa seekor ayam.
  2. Doni mengasah pisau.

Dua kalimat di atas kita katakan sebagai alur.  Tidak ada hubungan sebab akibat antara Rani yang membawa ayam dan Doni yang mengasah pisau.   Akan menjadi plot jika kalimatnya menjadi:

  1. Rani membawa seekor ayam mendekati Doni yang sedang mengasah pisau.

Membaca kalimat tersebut, kita akan mengira bahwa ayam tersebut akan dipotong, lalu dijadikan ayam goreng.  Bisa sekali, bukan?  Akan lebih seru jika yang terjadi selanjutnya adalah:

  1. Rani berpamitan pada Doni untuk menjual ayamnya ke pasar. Sementara Doni, bergegas menuju kebun untuk memanen kangkung.

Kalimat nomor 4 itulah yang dinamakan twist.  Secara logika, mendekatkan ayam dengan pisau adalah memotongnya.  Yang terjadi diluar sangkaan kita.  Rupanya ayam tersebut akan dijual.  Anda bisa mencari contoh yang lain.

Teknik Membuat Plot Twist, bikin Cerita Mengejutkan

Plot Twist dalam sebuah cerita bisa terjadi berkali-kali.  Yang lebih seru lagi, membuat twist ending.  Akhir yang mengejutkan seringkali membuat pembaca berkata,

“Wow, aku tak menyangka akhirnya begitu.”

“Sial, aku terkecoh!”

“Oh, ternyata!”

“Sungguh gila!”

“Menakjubkan!”

Untuk mendapat komentar seperti itu, dibutuhkan perencanaan.  Bagaimana cara membuatnya?

  1. Buat label palsu pada tokoh tertentu.

Karakter tokoh jahat digambarkan melakukan hal-hal baik.  Dalam perjalanannya, lakukan pembalikan.  Rupanya, tokoh yang disangka baiklah yang melakukan kejahatan;

Contoh:

Pada film Coco 2017.  Dari awal penonton sangat yakin bahwa Papa Hektor telah berbuat jahat karena meninggalkan keluarga demi musik.  Faktanya sangat berbeda.  Anda dapat menontonnya sendiri.

  1. Memberikan petunjuk dan fakta-fakta palsu.

Buat pembaca percaya pada fakta yang terjadi, petunjuk yang meyakinkan akan suatu peristiwa atau tokoh.   Pembaca akan terbawa suasana dengan apa yang dipahaminya.  Namun jika yang terjadi jauh dari perhitungan, ini baru mengasyikkan.

Contoh:

Masih di film yang sama, Coco 2017 untuk mempermudah pemahaman dan memang direkomendasikan film ini untuk belajar twist bagi penulis.

Cerita ini dimulai dengan fakta-fakta adanya kutukan tentang musik di keluarga Coco.  Namun akhirnya, banyak hal mengagetkan.

  1. Buat Ending yang mengejutkan, tidak biasa, solusi yang unik dan tak terduga.

Plot twist bisa saja terjadi di tengah cerita.  Namun, cerita yang berakhir jauh di luar persepsi akan memberi kesan tersendiri.

 

Penutup

Teknik plot twist mestinya memberi pengalaman tersendiri pada pembaca.  Bukan berarti PHP atau memberikan harapan palsu.  Sesuatu yang terjadi di luar ekspektasi seringkali memberi kesan unik dan asyik.  Cerita jadi semakin seru.

Perlu diingat bahwa twist harus direncanakan agar cerita tetap mengalir, logis, dan dapat dipertanggungjawabkan.  Penulis pemula harus belajar lebih banyak dengan membaca novel-novel dengan twist yang bagus.  Boleh juga menonton film sebagai referensi.

 

Comment