8 Tokoh Sumpah Pemuda yang Harus Kita Kenal

Para Tokoh Penting di Balik Sejarah Sumpah Pemuda

Setiap 28 Oktober, masyarakat Indonesia memperingati hari lahirnya Sumpah Pemuda. Sumpah pemuda sendiri, lahir di masa penjajahan.

Diinisiasi beberapa tokoh pemuda, kala itu mereka memproklamirkan satu tanah air bernama Indonesia. Pada kongres Sumpah Pemuda II, yang dilaksanakan di Jakarta 1928.

Jadi, sumpah pemuda adalah proklamasi bahwa para pemuda adalah satu nusa satu bangsa, satu bahasa Indonesia. Ini jadi kenangan berarti dan sangat monumental.

Lahirnya sumpah pemuda, tentu tidak lepas dari peran para tokoh kala itu. Sebagai bangsa yang memiliki moralitas tinggi, tentu saja harus paham siapa saja tokoh tersebut?

Dikutip dari banyak sumber, inilah beberapa tokoh sumpah pemuda yang harus kamu kenal.

Tokoh Sumpah Pemuda

 

1. S. Mangoensarkoro

Pada konggres Sumpah Pemuda, dia lebih banyak bicara soal pemuda dan pendidikan. Tak heran, akhirnya bisa mendapat amanah sebagai menteri pendidikan kala itu.

tokoh sumpah pemuda

Lahir dengan nama Sarmidi Mangoensarkoro, pada 1901, dia banyak mengeluarkan ide mengenai pemuda indonesia yang kuat dimulai dari pada pemudanya.

2. WR. Supratman

Adik-adik ada yang kenal dengan nama ini? sejak Taman Kanak-kanan hingga bangku kuliahan kita pasti kenal. Beliau adalah pencipta lagu Indonesia raya. Yap, memiliki nama lengkap Wage Rudolf Supratman.

tokoh sumpah pemuda 03

Beliau adalah wartawan, pencipta lagu serta seniman berbakat. Pada penutupan kongres sumpah pemuda ke II, beliau membawakan instrumen lagu Indonesia raya dengan biola.

Dan setelah itu berkembang menjadi lagu indonesia raya yang kita kenal sekarang. Kalau bukan atas jasa beliau, kira-kira seperti apa ya, lagu kebangsaan kita?

3. Amir Syarifudin Harahap

Pemimpin Jong Batak Bond. Dia adalah pemimpin di awal kemerdekaan. Seorang politikus, sosialis dan banyak lagi.

tokoh sumpah pemuda dari batak

Banyak ide brilian yang dicetuskan olehnya, ketika kongres. Dan salah satu prestasinya di masa lalu, dia sempat menjadi perdana menteri indonesia, ketika pemerintahan belum menjadi republik.

4. Muhammad Yamin

Anak Muda dari Bumi Minangkabau. Lahir pada 1903. Dia penyair gaya modern dan sekaligus pengusul, agar bahasa Indonesia dijadikan bahasa persatuan.

Tokoh sumpah pemuda dari minang

Pada perkembangannya, bahasa Indonesia mengalami banyak perubahan ejaan. Mulai ejaan van Ophuijsen, hingga sekarang ada di EYD V.

5.Djoko Marsaid

Perwakilan dari Jong Java. Selama konggres Sumpah Pemuda II, dia menjabat wakil ketua. Hingga akhir penutupan, dia mampu membawa suasana kongres menjadi aman, nyaman.

Djoko marsaid

Bukan hanya itu, Djoko pun mengeluarkan ide cerdas dan berguna untuk bangsa ini. Adik-adik ada yang kenal dengan nama tersebut?

6. Prof. M. Seonario Sastrowardoyo

Selain penasihat, beliau menjadi pembicara dengan judul makalah, “Pergerakan Pemuda dan Persatuan Indonesia.”

Profesor Sunario Sastrowardoyo

Atas nasihat beliau juga, kongress Sumpah Pemuda II pada tahun 1928 sukses melahirkan ikrar sumpah pemuda yang fenomenal.

Beliau lahir di Madiun, pada tanggal 28 Agustus 1902. Dan wafat di Jakarta pada usia 94 tahun. Ngomong-ngomong soal beliau, adik-adik pasti kenal dengan nama belakangnya? Iya, beliau adalah kakek buyut dari artis cantik Dian Sastrowardoyo.

7. J. Leimena

Perwakilan dari Jong Ambon. Menjadi anggota kongres pada sumpah pemuda II. Lahir pada 1905. Dia adalah tokoh pemuda ambon yang menginspirasi semua pemuda indonesia.

tokoh sumpah pemuda

Hingga penutupan kongres, dia mampu mempertahankan idenya dengan baik, yang kemudian menjadi langkah presisi untuk para pemuda tanah air.

8. Soegoendo Djojopoespito

Dialah orang yang mampu membawa jalannya kongres sumpah pemuda pada 1928 dengan baik. Hingga lahirnya ikrar pemuda yang momumental. Sang pemimpin kongres.

Pimpinan kongres sumpah pemuda

Soegoendo lahir pada 1905. Jasanya begitu banyak untuk pemuda dan bangsa ini. Adik-adik ada yang tahu apa saja jasanya?

Demikian informasi mengenai tokoh sumpah pemuda yang wajib dikenal oleh pemuda indonesia. Semoga informasi ini berguna untuk kita semua. []

Comment