Unsur Intrinsik Drama dan Ekstrinsik apa sih? Ini Penjelasannya

Perbedaan untuk intrinsik dan ekstrinsik dalam sebuah karya fiksi

Unsur Intrinsik Drama kadang membuat kita pening. Padahal Adik-adik sekalian, untuk membedakan keduanya, kalian hanya perlu mengetahui definisinya saja.

Dalam pelajaran sastra dan bahasa Indonesia, pengertian ini sering muncul. Adik-adik SMP maupun SMA, ngga usah bingung untuk memahami keduanya.

unsur intrisik drama
sumber gambar: https://www.99.co/blog/indonesia/pengertian-unsur-intrinsik-novel-ekstrinsik/

Karena dalam kesempatan kali ini Diksiklasik.com akan menjelaskan untuk kalian semua dengan mudah sekali. Sekali membacanya kalian akan paham.

Baca juga: Sudut Pandang Orang Kedua dalam Cerpen dan Novel

Unsur Intrinsik Drama

Ada dua unsur dalam sebuah cerita, baik bentuk drama atau fiksi. Dan keduanya membangun cerita jadi lebih menarik. Lalu apa saja sih keduanya? Unsur intrinsik adalah unsur yang membangun cerita dari dalam. Sebagai contoh konflik. Pertama Intrinsik kedua ekstrinsik. Kita cek dulu yang pertama.

1. Judul
Judul merupakan komponen utama yang wajib ada dalam drama atau pementasan. Dengan judul, sebuah drama bisa menarik perhatian penonton untuk menyaksikannya. Jika tidak ada judul, masyarakat akan kesulitan untuk mengetahui drama yang tengah berlangsung.

2. Tema
Ini merupakan komponen yang memiliki peranan penting dalam drama. Tema merupakan ide pokok yang menjadi dasar utama dari sebuah drama. Bisa dikatakan tema adalah ‘akar’ dalam drama.

3. Alur atau Plot
Alur atau plot masuk ke dalam unsur intrinsik drama. Komponen ini juga bisa disebut dengan jalan cerita yang telah disusun dari berbagai tahapan peristiwa. Sehingga nantinya dapat membentuk sebuah rangkaian cerita. Adapun tahapan-tahapan dalam alur yaitu:

  • Tahap awal atau perkenalan
  • Pemunculan konflik
  • Komplikasi
  • Klimaks
  • Resolusi
  • Akhir

4. Latar atau Setting
Ini adalah komponen dari unsur intrinsik yang banyak mencuri perhatian penikmatnya. Latar sendiri terdiri dari latar tempat yang menggambarkan lokasi drama, latar waktu menggambarkan kapan terjadinya adegan dan latar situasi yang menjelaskan suasana cerita dalam drama tersebut.

5. Dialog

Dialog berisikan percakapan antara satu tokoh dengan pemain lainnya. Dialog ini dapat berupa satu tokoh dengan tokoh lain atau juga dialog sendiri alias monolog. Dengan adanya percakapan atau dialog akan memberikan penjelasan mengenai jalan cerita drama. Biasanya para tokoh atau pemain juga memainkan mimik wajah serta gaya sesuai yang dilakoni.

6. Konflik
Konflik merupakan masalah atau pertentangan yang terjadi dalam drama. Dengan adanya konflik, akan menjadi inti permasalahan dalam drama yang dimainkan. Dalam drama, konflik bisa terjadi satu waktu atau bahkan lebih.

7. Bahasa
Bahasa yang dimaksud yakni kata-kata yang digunakan dalam percakapan pada drama. Biasanya drama akan menggunakan bahasa yang berbeda-beda sesuai dengan ciri khas tema yang diambil. Di mana mengacu pada kehidupan sehari-hari, budaya, sosial hingga pendidikan.

8. Amanat atau Pesan Moral
Amanat yaitu pesan yang ingin disampaikan kepada para penonton oleh pengarang drama. Amanat atau pesan moral ini biasanya disampaikan melalui para tokoh yang berperan dalam drama.

Unsur Ekstrinsik Drama

Unsur ekstrinsik drama adalah pembentuk dari luar. Artinya, unsur ekstrinsik drama merupakan sejumlah komponen, apa saja isinya?

Unsur ekstrinsik dalam drama:

  1. Latar belakang pengarang
  2. Nilai agama dan kepercayaan
  3. Situasi sosial budaya
  4. Kondisi politik negara
  5. Psikologis pengarang

Jadi, semua hal yang menyangkut pengarang baik itu agama, psikologis dan semisalnya disebut ekstrinsik. Lalu apa beda keduanya?

Perbedaan unsur intrinsik dan ekstrinsik

Dalam bahasa mudah, keduanya ibarat daging dengan kulit. Jika intrinsik kita ibaratkan daging atau isinya, ekstrinsik adalah kulit luar. Baik itu warna kulit, bulu dan semisalnya.

Nah, keduanya harus ada dalam sebuah cerita. Karena ini akan memengaruhi terbangunnya sebuah cerita menjadi menarik.

Sebagai contoh: Novel Ayat-ayat Cinta

Novel tersebut bernapaskan islam banget. Ini disebut ekstrinsik. Kenapa bisa begitu? penulisnya seorang sarjana agama dan juga pegiat dakwah.

Menutup artikel ini, Diksiklasik.com mau tanya, apa kesimpulan yang kamu dapatkan setelah membaca artikel ini dari awal sampai akhir? yuk tulis jawaban di kolom komentra!

Materi diskusi:

  1. Apa yang dimaksud intrinsik?
  2. Apa yang dimaksud ekstrinsik?
  3. Sebutkan contoh ekstrinsik dalam novel kesukaan kamu

 

Comment